Olahraga mingguan

17 09 2010

Seperti yang ditulis Celestine Chua tentang 42 langkah praktis untuk perbaikan diri, langkah ke-9 adalah olahraga mingguan. Aspek terpenting di sini adalah rutinitas. Tak terlalu penting jenis olahraga yang dipilih. Hanya saja, sebaiknya hindari olahraga ekstrem yang bisa membahayakan nyawa kita, alih-alih menjadi sehat, nyawa kita bisa melayang karenanya.

Pilih olahragamu (sodahead.com)

Ada tersedia begitu banyak pilihan olahraga yang dapat dijadikan aktivitas rutin mingguan.  Saya pribadi senang dengan segala macam olahraga game / yang ada bolanya. Secara rutin saya bermain sepakbola (outdoor) setiap hari Sabtu di sasana olahraga ganesha (sorga, keren ya singkatannya!) atau terkadang arena latihan pindah ke lapang UPI, setiabudhi bandung, lapang rumput terbaik yang ada di Bandung tuh.

Bagi yang tidak menyukai olahraga yang bersifat game seperti itu, bisa memilih jogging, atau sekedar jalan pagi. Pilihan lain, berenang, bersepeda, hiking, fitness, to name a few!. Pilih olahraga yang cocok dengan karakter dirimu sendiri, dan yang paling penting, have fun !. Setelah seminggu tubuh kita penat dengan aktivitas yang bisa membuat stress, maka selain menjaga kebugaran, maka olahraga penting juga untuk menjaga agar secara psikis kita tetap rileks untuk bersiap menghadapi aktivitas di minggu berikutnya. Selain itu, menurut dokter di rumah, adalah penting untuk menjaga agar kapasitas aerobik terpenuhi. Kurang lebih aktivitas minimal adalah 30 menit untuk mencapai aktivitas aerobik yang memadai.

Seperti pepatah afrika : saat yang paling tepat untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Tapi jika hal itu tidak kita lakukan, maka saat yang paling tepat untuk menanam pohon adalah hari ini. Jangan tunda untuk berolah raga. Bila kita ragu olahraga apa yang akan kita jadikan rutinitas mingguan, tak ada salahnya mencoba-coba lebih dari satu macam olahraga sampai kita temukan olahraga yang memberikan manfaat maksimal pada diri kita, baik secara fisik maupun psikis. Salam olahraga !


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: