42 Langkah Praktis Untuk Perbaikan Diri

8 04 2010

Diterjemahkan dari ahlinya : http://celestinechua.com

Apakah kamu termasuk orang yang senang untuk meningkat? Apakah kamu secara kontinyu berusaha untuk meningkatkan dirimu menjadi lebih baik?

Bila iya, maka kita memiliki kesamaan. Saya sangat bersemangat tentang peningkatan diri. Ini bermula 4 tahun yang lalu ketika saya menemukan semangat untuk tumbuh berkembang dan membantu orang lain untuk berkembang. Saat itu, saya baru berumur 22 tahun dan masih di tingkat akhir universitas. Seperti yang kupikir tentang arti hidup, saya menyadari bahwa tidak ada yang lebih berarti daripada berupaya untuk berkembang menjadi lebih baik. Ini dicapaimelalui peningkatan diri sepanjang hidup kita.
Setelah 1.5 tahun secara aktif berupaya untuk mengembangkan diri dan membantu orang lain untuk berkembang melalui blog pengembangan pribadi, Saya menyadari perjalanan menuju peningkatan diri tidak pernah berakhir. Semakin saya berkembang, semakin saya sadar begitu banyak yang tidak saya ketahui, dan begitu banyak yang harus saya pelajari. Pastinya, selalu ada sesuatu tentang diri kita yang dapat kita tingkatkan. Potensi manusia tidak terbatas, jadi tidak mungkin untuk mencapai titik puncak perkembangan. Kapanpun kita pikir kita sudah baik, kita akan selalu bisa menjadi lebih baik.

Sebagai penasihat pengembangan diri yang antusias, saya selalu mencari cara-cara untuk meningkatkan diri. Saya sudah mengumpulkan 42 tip terbaik yang mungkin membantu perjalanan pengembangan dirimu. Beberapa tip ini adalah langkah sederhana yang dapat langsung dilakukan. Beberapa lainnya adalah langkah besar yang membutuhkan upaya yang serius untuk dilakukan. Inilah 42 tip saya :

  1. Baca buku setiap hari. Buku adalah konsentrasi dari sumber kebijaksanaan. Semakin banyak buku yang kau baca, semakin banyak kebijaksanaan yang akan kau raih. Buku apa yang menjadi titik awal untuk pengayaan diri? Beberapa buku yang sudah saya baca dan bermanfaat adalah Think and Grow Rich, Who Moved My Cheese, 7 Habits, The Science of Getting Rich dan Living the 80/20 Way. Saya juga mendengar tinjauan positif dari Tipping Point, Outlier dan The Difference Maker, jadi saya juga akan segera membacanya.
  2. Belajar bahasa baru. Sebagai Singaporean Chinese, bahasa utama saya adalah Bahasa Inggris, Mandarin, dan Hokkien (suatu dialek bahasa Cina). Karena tertarik, saya mengambil kursus bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia beberapa tahun yang lalu. Saya menjadi sadar bahwa belajar suatu bahasa adalah suatu keterampilan baru secara utuh dan proses untuk menguasai suatu bahasa dan kultur yang baru adalah pengalaman yang membuka wawasan.
  3. Pilihlah hobi baru. Diluar hobi yang bisa kamu lakukan, apakah adah hal baru yang bisa kau lakukan? Olahraga yang bisa dipelajari? Contohnya memancing, golf, panjat tebing, sepakbola, kano, ice skating. Hobe barumu bisa juga bersifat rekreasi, misalnya membuat keramik, masakan italia, menari, pencicip anggur, desain web, dll. Belajar sesuatu yang baru membuatmu membentangkan dirimu dalam berbagai aspek baik fisik, mental, maupun emosional.
  4. Ikuti pelatihan baru. Apakah ada pelatihan baru yang bisa kau ikuti? Pelatihan adalah cara yang barik untuk mendapat pengetahuan dan keterampilan baru. Tidak harus pelatihan yang lama, seminar atau workshop juga memberikan hasil yang sama. Saya mengikuti beberapa workshop dan mereka memberikan saya pemahaman baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.
  5. Ciptakan ruang yang inspiratif. Lingkunganmu membentuk mood & tone buatmu. Jika kau bertempat di lingkungan yang inspiratif, kau akan terinspirasi setiap hari. Dulu, saya tidak suka ruangan saya karena saya pikir tempat itu kacau dan buruk. Beberapa tahun yang lalu, saya putuskan ini harus berakhir – saya memulai proyek “Mega Room Revamp” dan merombak total ruangan saya. Hasil akhirnya? Suatu ruangan baru yang inspiratif dan membantu saya berada di puncak setiap hari.
  6. Hadapi ketakutanmu. Kita semua memiliki rasa takut. Takut atas ketidakpastian, takut berbicara di depan umum, takut atas risiko …, Seluruh ketakutan membauat kita tetap berada di suatu posisi dan mencegah kita berkembang. Kenali bahwa rasa takutmu merefleksikan area dimana kau dapat berkembang. Saya selalu berpikir rasa takut adalah kompas pertumbuhan. Jika saya merasa takut atas sesuatu, itu merepresentasikan sesuatu yang harus saya hadapi, dan menghadapinya membantu saya untuk berkembang.
  7. Tingkatkan keterampilanmu. Jika kau bermain video game khususnya Roled Playing Game (RPG), kau akan paham konsep ‘leveling up’ – mendapatkan pengalaman sehingga kau dapat menjadi lebih baik dan lebih kuat. Sebagai blogger, saya secara konstan leveling up kemampuan menulis saya. Sebagai pembicara, saya secara konstan leveling up kemampuan saya merangkul publik. Keterampilan apa yang dapat kau level up?
  8. Bangun lebih pagi. Bangun pagi (misalnya jam 5-6 pagi) telah diakui oleh banyak pakar (Anthony Robbins, Robin Sharma, dan self-help guru lainnya) akan meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Saya merasakan itu karena jika kau bangun pagi, pikiranmu telah siap untuk melanjutkan momentum dan secara proaktif menjalani harimu. Seth baru-baru ini menulis seri bangun pagi yang dapat kau baca untuk menumbuhkan kebiasaan ini.
  9. Olahraga mingguan. Semakin cepat kau mulai, semaik baik bentuk badanmu. Saya pribadi jogging minimal 3 kali seminggu, masing-masing minimal 30 menit. Kau mungkin mengkombinasikan jogging, senam dan renang untuk variasi.
  10. Mulai membuat handbook hidupmu. Suatu handbook adalah ide yang kumulai 3 tahun yang lalu. Prinsipnya, ini adalah suatu buku yang berisi hal-hal penting bagaimana kau dapat mengisi hidupnya secara penuh, misalnya, tujuan hidupmu, nilai-nilai dan target. Semacam manual hidupmu. Saya memulai handbook hidup saya sejak 2007 dan buku itu menjadi pendukung penting bagi kemajuan saya.
  11. Menulisa surat untuk dirimu di masa depan. Apa yang kau lihat pada dirimu 5 tahun dari sekarang? Apakah kau tetap sama? Kau akan menjadi orang seperti apa? Tulislah surat untuk dirimu di masa depan – 1 tahun dari sekarang akan manjadi awal yang baik – dan tutuplah suratnya. Tandai kalender untuk membukanya 1 tahun dari sekarang. Lau bekerjalah untuk menjadi orang yang kau inginkan untuk membuka surat itu kelak.
  12. Keluar dari zona nyaman. Pertumbuhan yang sebenarnya berasal dari kerja keras dan keringat. Menjadi terlalu nyaman tidak membantu kita untuk tumbuh, malah membuat kita stagnan. Dengan menhadapi konteks baru, secara literal kau tumbuh seiring dengan kau belajar untuk bertindak di situasi yang baru.
  13. Pilih seorang pesaing. Kompetisi adalah salah satu cara terbaik untuk tumbuh. Tentukan tantangan (pengurangan berat badan, olahraga, tantangan finansial, dst) dan bersaing dengan teman yang tertarik untuk melihat siapa yang mencapai target lebih cepat. Sepanjang proses, kau akan memperoleh hasil lebih baik dibanding dengan kau tentukan targetmu sendirian.
  14. Identifikasi area gelapmu. Secara ilmiah, area gelap (blank spots) adalah area yang terlihat oleh mata kita. Dalam terminologi pengembangan, area gelapa dalah hal-hal yang tidak kita sadari. Menemukan area gelap kita membantu kita untuk menemukan area pengembangan. Salah satu cara yang saya pakai untuk menemukan area gelap saya adalah mengidentifikasi seluruh hal/kejadian/orang yang memicu saya di suatu hari. Pemicu berarti membuat saya terganggu/marah/terpengaruh. Hal ini merepresentasikan area gelap saya. Selalu menarik untuk mencobanya karena saya akan menamukan hal baru tentang saya, meskipun saya pikir saya sudah tau area gelap saya (yang segera tidak menjadi area gelap lagi). Selanjutnya saya bekerja untuk mengatasinya.
  15. Mintalah umpan balik. Sejauh apapun kita berupaya untuk meningkat, kita selalu memiliki blind spot. Meminta umpan balik memberi kita perspektif tambahan. Beberapa orang yang dapat dimintai umpan balik adalah teman, keluarga, rekan kerja, bos, atau malah orang asing, karena mereka tidak memiliki bias dan bisa memberikan umpan balik secara obyektif.
  16. Tetap fokus pada to-do list. Saya memulai hari dengan suatu daftar tugas yang ingin diselesaikan dan ini membantu saya tetap fokus. Sebagai perbandingan, hari-hari yang kulalui tanpa bantuan daftar ini akan menjadi sangat tidak produktif. Contohnya, salah satu bagian dari to-do list saya hari ini adalah menulis guest post di LifeHack.org, dan inilah sebabnya mengapa saya menulis ini sekarang ! Karena pekerjaan saya membuat saya selalu menggunakan komputer seharian, saya menggunakan Free Sticky Notes untuk mengelola to-do list saya. Ini sangat sederhana dan mudah digunakan, selain juga free software, jadi cobain deh ! [rizalean : cobalah calendar.google.com].
  17. Tentukan Big Hairy Audacious Goals (BHAG). Saya adalah fans berat dari BHAGs. BHAG mengembangkanmu melebihai kapasitas normal karena BHAG adalah hal besar dan nekat – hal yang secara normal tidak terpikirkan. BHAG apa yang mungkin kau capai, yang akan membuatmu serasa di atap dunia jika itu tercapa? Tentukan dan mulailah berupaya untuk mencapainya.
  18. Pahami kekuranganmu. Setiap orang memiliki kelemahan. Yang paling penting adalah memahami kelemahan, dan mengatasinya. Apa kira-kira kelemahanmu? Kelemahan apa yang bisa segera ditutupi? Bagaimana mengatasi kelemahanmu?
  19. Beraksilah. Cara terbaik untu balajar dan meningkat adalah dengan bertindak. Apa saja yang sudah kau rencanakan? Bagaimana cara bertindak secepatnya? Menunggu tidak akan membuat apapun selesai. Segera beraksi memberi hasil yang dapat menjadi bahan pelajaran bagimu.
  20. Belajar dari orang yang menginspirasimu. Pikirkan orang yang menjadi idolamu. Orang yang menjadi sumber inspirasimu. Orang-orang ini merefleksikan kualitas-kualitas yang kau inginkan juga. Kualitas apa yang ada pada orang-orang ini yang ingin kau miliki ? Bagaimana caramu untuk mendapatkan kualitas itu ?
  21. Hentikan kebiasaan buruk. Apakah ada kebiasaan buruk yang dapat kau hilangkan ? Tidur terlalu banyak? Tidak berolahraga? Selalu terlambat ? Gerakan aneh ? Menggigit kuku? Ini adalah contoh-contoh kebiasaan buruk yang dapat kau hentikan.
  22. Tumbuhkan kebiasaan baru. Beberapa kebiasaan baik termasuk membaca buku, bangun lebih pagi, berolahrga, membaca artikel pengembangan diri, dan meditasi. Apakah ada kebiasaan yang dapat kau tumbuhkan untuk dirimu sendiri ?
  23. Hindari orang negatif. Jim Rohn bilang, “Kau adalah rata-rata dari 5 orang yang paling sering bersamamu”. Kemanapun kau pergi, selalu ada orang-orang negatif. Jangan habiskan terlalu banyak waktumu dengan mereka jika kau rasa mereka akan menyeretmu jatuh.
  24. Belajar untuk berurusan dengan orang yang sulit. Terkadang ada orang-orang sulit yang tidak dapat kau hindari, seperti di kantor, atau jika orang itu berada dalam lingkaran kontak terdekatmu. Belajarlah untuk mengatasi mereka. People management skill ini akan bermanfaat untuk bekerja dengan orang-orang di masa depan.
  25. Belajar dari temanmu. Setiap orang memiliki kulaitas yang mengagumkan di dalam diri mereka. Tinggal bagaimana kita mencontoh mereka. Dengan seluruh teman di sekitarmu, kau akan bisa meniru banyak hal dari mereka. Coba pikirkan seorang teman baik sekarang. Pikirkan apa yang dapat kau pelajari darinya ? Bicara dengan mereka bila perlu – yakinlah, mereka akan dengan senang hati membantumu.
  26. Mulailah menulis jurnal. Menulis jurnal adalah cara yang bagus untuk memperoleh kesadaran diri yang tinggi. Ini adalah proses refleksi diri. Saat menulis, jernihkan pikiranmu dan bacalah apa yang kau tulis melalui perspektif orang ketiga, kau akan mendapatkan tinjauan yang lebih baik tentang dirimu. Jurnalmu bisa berupa catatan privat ataupun blog online. Saya menggunakan personal development blog sebagai personal journal juga dan saya belajar banyak tentang diri saya dari beberapa tahun blogging.
  27. Mulailah menulis tentang pengembangan diri. Untuk membantu orang lain berkembang, kau harus memulai dari dirimu sendiri. Walk the talk. Akan ada harapan terhadap dirimu, baik dari dirimu sendiri maupun orang lain, yang harus kau penuhi. Saya membuat Personal Excellence Blog, dimana saya membuat tinjauan bagaimana untuk hidup lebih baik. Para pembaca memanfaatkan artikel saya untuk meningkatkan diri mereka, yang memaksa saya juga untuk tetap berkembang,  untuk diri saya sendiri maupun klien saya.
  28. Dapatkan mentor atau pelatih. Tidak ada cara yang lebih cepat untuk meningkat dibandingkan dengan memiliki orang yang membantumu meraih tujuan. Banyak klien saya yang yang meminta saya untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka, dan mereka mencapai hasil yang lebih baik secara signifikan dibanding dengan mereka bekerja sendir.
  29. Kurangi waktumu di program chat. Saya menyadari membuka program chat open akan membuang waktu banyak. Waktu ini akan jauh lebih baik dimanfaatkan untuk aktivitas lain. Hari-hari diaman saya tidak melakukan chat, lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan. Saya biasanya menonaktifkan auto start-up program chat dan hanya mengaktifkannya ketika saya ingin chatting dan memang memiliki waktu untuk itu.
  30. Belajarlah catur (atau game strategi lain). Saya menemukan bahwa catur adalah game yang sangat baik untuk mempelajari strategi dan menajamkan kemampuan berpikirmu. Selain membuat hati senang, kamu juga mendapat latihan untuk kemampuan analitismu. Kamu juga dapat belajar strategi dari game lain seperti Othello, catur Cina, WarCraft, dst.
  31. Berhentilah nonton TV. Saya telah t tahun tidak banyak nonton TV dan ini adalah pengalaman kebebasan. Saya menyadari bahwa kebanyakan program dan iklan dari TV adalah untuk kesadaran rendah dan tidak menginspirasi. Sebaliknya, waktu yang saya bebaskan dari menonton TV sekarang secara konstruktif digunakan untuk tujuan lain, seperti mengontak teman dekat, mengerjakan tugas yang saya senangi, olahraga, dst.
  32. Memulai tantangan 30 hari. Tentukan target dan berilah dirimu sendiri 30 hari untuk mencapai ini. Targatmu bisa terkait dengan kebiasaan baru atau sesuatu yang selalu kamu inginkan tapi tidak pernah tercapai. 30 hari adalah waktu yang cukup untuk menyusun strategi, rencana, melakukan aksi, mereview dan memperoleh hasil.
  33. Meditasi. Meditasi membantumu untuk tenang dan lebih sadar. Saya juga menyadari bahwa sewaktu malah ketika saya bermeditasi sebelum tidur, saya memerlukan lebih sedikit tidur. Proses pembersihan gangguan ini sangat membebaskan pikiran.
  34. Bergabung dengan Toastmasters (Belajar public speaking). Menariknya, bicara di depan umum adalah ketakutan #1 di dunia, dengan #2 adalah kematian. Setelah saya memulai berbicara di depan umum sebagai pembicara / trainer personal development, saya mempelajari banyak hal bagaimana berkomunikasi lebih baik, mempresentasikan diri saya dan membuat orang tertarik. Toastmasters adalah organisasi internasional yang melatih orang untuk berbicara di depan umum. Carilah klub Toastmaster terdekat denganmu.
  35. Berteman dengan top people di bidangnya. Orang-orang top ini mencapai hasil terbaik  karena mereka memiliki perilaku yang tepat, keterampilan dan pengetahuan. Apa ada cara lain selain belajar orang-orang terbaik di bidangnya? Dapatkan tinjauan dari mereka agar kau dapat meningkat dan memperoleh hasil yang terbaik bagimu.
  36. Lupakan masa lalu. Apakah ada ketidakadilan atau kesedihan masa lalu yang terus menghantuimu? Jika ada, sekarang saatnya untuk melupakannya. Mengingatnya akan menghambatmu untuk maju dan menjadi orang yang lebih baik. Selamat tinggal masa lalu, maafkan dirimu sendiri, dan mulailah hari baru. Baru akhir-akhir ini saja, akhirnya saya meninggalkan kehancuran hati 5 tahun yang lalu. Hasilnya sangat membebaskan dan menguatkan, dan saya tidak pernah menjadi lebih senang dari sekarang.
  37. Mulailah berbisnis. Apakah ada hal menarik bagimu? Mengapa tidak mulai berinvestasi dan menghasilkan uang sekaligus belajar di saat yang sama? Memulai bisnis baru membuatmu belajar keterampilan manajemen bisnis, mengembangkan naluri bisnis dan memperoleh keunggulan kompetitif. Proses memulai dan mengembangkan bisnis pengembangan saya telah memberi saya banyak keterampilan, seperti disiplin diri, kepemimpinan, organisasi dan manajemen.
  38. Tunjukkan kebaikan pada orang sekitarmu. Kau tak kan pernah terlalu baik pada seseorang. Faktanya, kebanyakan dari kita tidak menunjukkan cukup kebaikan pada orang sekitar kita. Menjadi baik membantu kita untuk menumbuhkan kualitas lain seperti simpati, kesabaran, dan kasih sayang. Bacalah ulang artikel ini kelak, dan mulailah memberi lebih banyak kebaikan pada orang disekitarmu, dan perhatikan bagaimana mereka bereaksi. Tidak hanya itu, lihat juga perasaanmu dengan berbuat baik pada orang lain.
  39. Berbaik pada orang yang membencimu. Jika kau pernah berdebat atas apapun, kau akan punya pembenci. Amat mudah untuk membenci orang yang membenci kita. Akan lebih menantang untuk menyayangi mereka. Bisa memaafkan, melupakan, dan menunjukkan cinta pada orang akan membutuhkan kewelasan dan keterbukaan hati. Apakah ada orang yang membencimu? Jika iya, cobalah untuk berbaikan dengannya. Tunjukan rasa sayang. Carilah penyelesaian dan tuntaskan kebencian masa lalu. Meskipun mereka menolak untuk berbaikan, tetaplah menyayangi mereka. Akan sangat membebaskan hati dibandingkan balik membenci mereka.
  40. Beristirahatlah. Apakah kau telah bekerja terlalu keras? Peningkatan diri juga termasuk mengenali kebutuhan kita untuk beristirahat untuk dapat berjalan lebih jauh ke depan. Kau tidak dapat mengemudi mobil jika tidak memiliki bensin. Istirahatkan dirimu sejenak setiap minggu. Rileks, kembalikan kekuatanmu untuk apa yang akan kau hadapi kelak.
  41. Bacalah minimal satu artikel pengembangan diri setiap hari. Beberapa pembaca saya berkata bahwa mereka membaca paling tidak satu artikel pengembangan diri setiap hari, yang saya pikir adalah kebiasaan baik. Ada banyak blog pengembangan diri yang  hebat yang bisa kau baca diluar sana.
  42. Komitmen pada pengembangan dirimu. Saya bisa menulis artikel 10 cara, 25 cara, 42 cara, atau bahkan 1000 cara untuk meningkatkan dirimu, tapi jika kau tidak memiliki komitmen terhadap pengembangan dirimu, tak ada gunanya saya menulis. Tak ada hasil yang akan kau capai. Kita bertanggung jawab atas pengembangan diri kita, bukan tanggung jawab orang lain. Bukan ibumu, ayahmu, temanmu, aku, ataupun LifeHack. Buatlah keputusan untuk berkomitmen terhadap pengembangan dirimu dan semangati dirimu atas suatu perjalanan panjang untuk tumbuh dan berubah. Mulailah pengembangan dirimu dengan mengambil beberapa langkah diatas dan bekerjalah. Hasilnya mungkin tidak langsung, tapi saya jamin bahwa lambat laun kau akan melihat hasil positif untuk dirimu dan hidupmu.

Aksi

Information

One response

2 02 2011
arul

sangat inspirational….good !

Tinggalkan Balasan

