Peningkatan Produktivitas : Program 12 Langkah

26 02 2010

Oleh Amber Singleton Riviere Feb. 23, 2010, 9:00am

Versi orisinil dapat dibaca di sini : Webworkerdaily

Produktivitas seringkali amat sulit untuk didefinisikan dan dicapai. Terkadang amat sulit untuk menentukan prioritas, mengelola beban kerja dan tetap fokus. Namun dengan beberapa langkah sederhana dan disiplin yang cukup, kamu sudah berada dalam jalur yang benar untuk memiliki kontrol atas hari-harimu.

  1. Rencana akhir. Produktivitas untuk hari esok dimulai hari ini. Tetapkan waktu untuk meninggalkan kantor dan tepatilah. Satu jam sebelum waktu yang ditetapkan, nyalakan wrap-up alarm untuk mengingatkanmu untuk memulai meringkas kegiatan hari ini, suatu tip penting dari guru organisasi dan produktivitas Julie Morgenstern di bukunya, “Never Check E-Mail in the Morning”.
  2. Rencana esok. Tentukan keinginan dan prioritas-prioritas untuk besok di jam terakhir dari hari kerjamu untuk memastikan kau mampu melakukan aktivitas baru dengan berhasil.
  3. Tentukan batasanmu. Sesaat sebelum pulang, matikan komputer (sepenuhnya, sehingga kamu tak berusahan untuk mengecek email lagi), matikan lampu, dan tutup pintu. Jangan pernah kembali sampai waktu kerja besok.
  4. Hormati rutinitas tidur. Dua atau tiga jam sebelum pergi tidur, mulailah suatu rutinitas untuk relaksasi. Proses ini berbeda-beda untuk setiap orang, tapi ini bisa termasuk : tidak ada telepon atau hubungan dengan dunia luar (kecuali darurat, tentu saja), tidak ada pembicaraan tentang pekerjaan, pergi mandi, secangkir the panas, bacaan ringan, menulis jurnal, tidak nonton TV, dan matikan lampu pada jam tertentu.
  5. Mulai harimu dengan benar. Bangunlah pada waktu yang sama. Berolahraga atau yoga selam 15-20 menit, kecuali kamu punya waktu olahraga rutin yang lebih disukai. Makanlah sarapan sehat (jangan tinggalkan ini, karena ini mempengaruhi level energimu sepanjang hari). Tentukan target hari ini dengan benar dengan terlebih dahulu mengurusi kebutuhan fisikmu.
  6. Pelihara batasanmu. Jangan pergi ke tempat kerja dengan langsung memeriksa email atau berita. Kamu akan berada di depan komputermu sepanjang hari.  Ambilah waktu untuk dirimu dan prioritas-prioritas lain, atau hal itu tidak akan pernah terlaksana, terlebih selepas jam kerja. Minumlah secangkir kopi, menulis jurnal, membaca, atau pergi berjalan. Gunakan beberapa saat sebelum kamu melompat menuju jam kerja.
  7. Hindari atau batasi waktu email. Hindari mengecek email segera setelah kamu tiba di kantor, atau paling tidak batasi waktu selama 15 menit saja membaca email, sehingga tidak mengganggumu dari tugas-tugas penting. Email adalah pelahap waktu yang besar, jika kau tidak mengontrolnya, dia akan mengontrolmu.
  8. Hindari atau batasi baca berita atau jejaring sosial. Ini adalah pelahap waktu lain yang sangat mudah mengganggu prioritas-prioritas lain. Tentukan waktu spesifik untuk membaca berita, dan kemudian tekunlah untuk tetap terhindar dari gangguan-gangguan.
  9. Mulailah dengan daftarmu. Mulailah dengan daftar target dan prioritas yang telah kau tentukan kemarin. Kamu mungkin lebih fokus dan jujur tentang apa perlu menjadi perhatianmu ketika kamu merencanakannya dengan pikiran jernih. Pertama kali di pagi hari, sangat mudah untuk muncul keinginan menunda atau memberi penekanan lebih pada tugas-tugas mudah dan daftar kerja.
  10. Periksa secara rutin. Tentukan alarm setiap satu atau dua jam. Jangan biarkan dirimu terlalu jauh dari target dan prioritasmu. Jika kau jauh menyimpang dari target dan prioritas, setidaknya kau tidak akan kehilangan banyak waktu untuk segera kembali kepada target dan prioritas.
  11. Bekerja secara blok. Dalam bisnis, seringkali muncul tipe pekerjaan yang amat bervariasi. Mungkin termasuk menangani klien, menulis dan mempubilkasikan, atau pekerjaan terkait pemasaran yang harus dilakukan. Lakukan pengelompokan tugas ini dalam penjadualan blok waktu, misalnya dua atau tiga jam.
  12. Tetap disiplin. Ketika kamu menyelesaikan suatu tipe pekerjaan tertentu, misalnya menangani seorang klien, jangan kembali memegang pekerjaan itu sampai waktuyang ditentukan dalam blok waktu tiba. Sangatlah mudah untuk tergoda melakukan ‘satu hal lagi’ di suatu proyek tertentu, khususnya bila klien melakukan feedback email sepanjang hari. Perlakukan tiap blok waktu dengan prioritas yang sama, baik untuk penanganan klien sekarang maupun prospek klien baru. Amatlah penting untuk memelihara keseimbangan antara pekerjaan sekarang dan prospek masa depan, sehingga fluktuasi pendapatan dapat diminimalisir.

Tetap berada dalam jalur  tidaklah selalu mudah. Seringkali, gangguan datang untuk meminta perhatian, dan tenggat terlewati, membuatmu merasa tertarik ke seratus penjuru arah dan tidak mampu menangani tugas-tugas. Namun demikian, dengan pendekatan tujuan dan disiplin terhadap tugas, penyelesaian pekerjaan menjadi jauh lebih mudah dan kamu akan merasa puas dengan pencapaianmu.

Langkah apa saja yang kau ikuti setiap hari untuk tetap dalam jalur dan produktif?

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.019 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: